Jumat, 14 November 2014

Pembaharuan Diklat Prajabatan

Pembaharuan Diklat Prajabatan
Administrator, 15/Aug/2013 16:26:47




Maksud jajaran pimpinan Lembaga Administrasi Negara untuk memperbaharui Diklat Prajabatan semakin mewujud dengan ditemukannya lima basic value atau nilai dasar yang akan dibelajarkan dalam penyelenggaraan Dikat Prajabatan. Kelima basic value tersebut adalah Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika, Komitmen Mutu, dan Anti-Korupsi, disingkat ANEKA, dan juga sebagian mengusulkan disebut Panca Dharma. Jika kelima Basic Value tersebut dapat dimiliki oleh PNS maka mampu membentuk profesionalisme. Bagaimana Basic Value tersebut bekerja, dapat dirumuskan sebagai berikut:

P = (a+n+e+k+a)

Artinya, seorang PNS yang profesional adalah PNS yang mampu menerapkan akuntabilitas, nasionalisme, etika, komitmen mutu, dan anti korupsi.

Nilai-nilai dasar tersebut di atas diperoleh melalui diskusi panjang dengan beerbagai stakeholder dalam beberapa kali focused group discussion.

Dengan dirumuskannya kelima nilai dasar tersebut, maka ke depannya, Tim akan menuangkan bagaimana kelima nilai dasar tersebut dapat dituangkan dalam sistem pemebelajaran yang dapat meninmbulkan high impact learning, artinya peserta Diklat bukan saja dapat mengetahui nilai dasar tersebut, namun memiliki semangat yang kuat untuk menerapkannya ketika berada di tempat kerjanya.

Tim akan bekerja untuk merampungkan pedoman penyelenggaraan Diklat Prajabatan sehingga maksud untuk mereformasi penyelenggaraan Diklat Prajabatan dapat segera terwujud.

0 komentar:

Posting Komentar